Saturday, October 21, 2006

KETOLOLAN PEDROSA !!!



Judul di atas mungkin terasa menyakitkan bagi Daniel Pedrosa setelah gelar rookie of the year disematkan di dadanya. Rasa sakit itu tidak lebih menyakitkan daripada sakit hati yang dialami Nicky Hayden, teammate Pedrosa di Repsol Honda Team, setelah terjatuh akibat tertabrak Pedrosa di sirkuit Estroil Portugal tanggal 15 Okrober 2006.

Sebagai pimpinan klasemen sementara saat itu, Nicky Hayden dipaksa harus berada di lima besar untuk mempertahankan mahkotanya dari serangan Valentino Rossi dari Camel Yamaha. Keluarnya Hayden dari lintasan estroil sebelum finish memaksanya untuk duduk di peringkat dua klasemen sementara. Perjuangan yang tidak ringan untuk dapat mengambil kembali mahkota yang sudah digondol Rossi sekarang. Satu-satunya kesempatan hanya ada di sirkuit Valencia Spanyol sebagai penutup laga MotoGP 2006.

“Ketololan Pedrosa sekali lagi ketololan Pedrosa” ujar Benny Djati Utomo, owner Yamaha Fuch Star Motor Indonesia, yang saat itu sebagai komentator MotoGP seri Estoril Portugal tayang di TV7. Komentator yang biasanya kalem dengan analisis tajam itu tiba-tiba seperti emosi menanggapi “tragedi” Hayden-Pedrosa (mengambil istilah Mashim –red). Repsol Honda Team sepertinya tidak melakukan team order untuk memuluskan langkah Hayden menjadi juara dunia MotoGP 2006. Akankah Hayden mampu mengambil mahkota juara dunia yang sudah dirampas Rossi dan “dibantu” Pedrosa ?

Cita-cita Checa Terkabul




Setelah gagal menunggangi honda di musim 2006, akhirnya Carlos Checa menandatangani kontrak dengan Honda LCR untuk musim 2007. Honda LCR akhirnya tidak melanjutkan kerjasama dengan Casey Stoner karena "harga" yang tidak mencapai titik temu. Akankah ini menjadi kebangkitan rider spanyol ini ? Kita tunggu musim 2007

Kawasaki : Pengganti Nakano harus berpengalaman



Kawasaki Racing Team harus memilih rider berpengalaman untuk menggantikan Shinya Nakano sebagai rider Kawasaki 800 cc yang pertama. Seperti yang dilansir dari crash.net, Nakano hengkang ke Konica Minolta Honda musim 2007 menggantikan Makoto Tamada.

Kawasaki Racing Team masih mempertahankan rider perancis Randy de Puniet untuk laga MotoGP musim 2007.

"Sulit mencari pengganti Nakano, sehingga kami memerlukan waktu yang agak lama untuk menentukan rider baru untuk tahun 2007" ujar Ian Wheeler Manajer Komunikasi Kawasaki.

"Kami akan melihat beberapa rider muda sebagai pengganti Nakano dari MotoGP maupun di luar MotogP, tetapi utnuk mengendarai motor 800 ccdan mengembangkannya, kami memerlukan rider yang berpeng



Rider "kosong" yang paling berpengalaman saat ini adalah Sete Gibernau yang didepak dari Ducati, setelah memutuskan untuk meminang Casey Stoner untuk laga 2007. Rumor yang beredar saat ini adalah pinangan Kawasaki ke Max Biaggi dan Alex Barros. Kemungkinan ini sangat kecil karena mengingat Max "Mad Max" Biaggi sudah teken di arena SBK bersama suzuki Alstare sedangkan Barros sepertinya sudah kerasan di SBK karena cita-citanya untuk menjadi juara dunia sudah ada tanda-tanda akan terwujud dibandingkan dia kembali ke MotoGP.



Tidak ada yang tidak mungkin bagi Makoto Tamada akan bertukar jok dengan Nakano, mungkinkah hal ini akan terjadi ?

Stoner Resmi ke Ducati



Mohammad Yanuar Firdaus - detikSport

Roma - Akhirnya, Casey Stoner secara resmi bergabung dengan skuad Ducati Marlboro musim depan. Pembalap berusia 21 tahun ini telah menandatangani kontrak dua musim dengan opsi di tahun 2008.

Kepastian ini mengakhiri tanda tanya yang beredar mengenai nasib Stoner dalam seminggu terakhir setelah pihak Honda menegaskan tidak akan memperpanjang kontraknya untuk musim depan. Ia akan berpartner dengan Loris Capirossi dan menggeser posisi Sete Gibernau.

Stoner tentunya gembira setelah keiginannya bergabung dengan Ducati terwujud. Rider asal Australia ini juga mengaku tersanjung bisa berduet dengan Capirossi musim depan.

Meski demikian Stoner yang secara tidak langsung 'disingkirkan' tim Honda di musim depan tetap memberikan penghormatan. "Saya berterima kasih kepada Lucio Cecchinello (manajer tim Honda)," tutur Stoner mengenai kesempatan yang diperolehnya bersama Honda, seperti dikutip Crash, Jumat (20/10/2006).

Dengan demikian bergabungnya Stoner menjadi sejarah tersendiri bagi Ducati mengontrak rider muda belia. Pasalnya sebelum kedatangan Stoner, Ducati lebih identik dengan pembalap-pembalap mereka yang bisa dibilang cukup veteran. Sebut saja Troy Bayliss, Carlos Checa dan yang terakhir, Sete Gibernau.
(ian/key)

Elias Tetap di Honda



Mohammad Yanuar Firdaus - detikSport


Moto-Live
Tokyo - Toni Elias bakal tetap menjadi anggota Honda musim depan. Kesuksesan rider Fortuna Honda ini di GP Portugal dua pekan lalu diperkirakan menjadi dasar Honda memperpanjang kontraknya.

Keputusan Honda ini memang sedikit mengejutkan. Pasalnya beberapa waktu lalu sempat muncul Elias bakal didepak dari tim di penghujung musim nanti.

Namun fakta berbicara lain. Pabrikan asal Jepang ini memperpanjang kontraknya satu musim lagi dan dipastikan Elias bakal tetap mengisi seat motor Honda V4 800 cc musim 2007.

"Saya sangat senang telah mencapai kesepakatan. Kontrak yang diperbarui ini membuat saya memiliki kesempatan meneruskan proyek yang kami mulai bersama Honda dan Fausto Gresini (bos Honda) tahun ini," ujar Elias seperti dikutip Crash, Jumat (20/10/2006).

Sementara kubu Honda tidak menjelaskan apa yang membuat mereka berubah pikiran dengan memperpanjang kontrak Elias. Namun santer terdengar kabar bahwa kesuksesan Elias meraih podium teratas di GP Portugal beberapa waktu lalu menjadi alasan utama Honda kemabli mengikatnya.

"Kami selalu mempercayai potensi yang dimilikinya dan kami mendukung Elias sepanjang balapan selama satu musim penuh. Kemenangan di Estoril menegaskan bahwa ia adalah pembalap yang sangat potensial dan penuh antusiasme," ungkap Gresini.

Dengan demikian Marco Melandri akan tetap didampingi oleh Elias musim depan. Namun dua pembalap tersebut kabarnya bakal mendapat dukungan berbeda dari musim ini setelah Fortuna dirumorkan bakal hengkang.
(ian/key)